Mengenal Lebih Dekat Rumah Bergaya Mediterania

Jika Anda pernah liburan ke negara-negara Eropa mungkin Anda tertarik untuk bangun rumah dengan gaya klasik khas Eropa. Rumah bergaya Mediterania sering kita jumpai di negara-negara Eropa maju yang juga cocok diaplikasikan di negara tropis seperti Indonesia.

Jika Anda memang tertarik memiliki rumah dengan konsep Mediterania maka ada hal-hal tentang konsep rumah tersebut yang mungkin perlu Anda ketahui. Rata-rata kesan mewah akan tampak dari rumah bergaya Mediterania ini. Berikut ini hal-hal dasar tentang bangun rumah berkonsep Mediterania.

  1. Memiliki elemen dekoratif bernuansa mewah

Elemen dekoratif  dan warna yang digunakan adalah warna alam sesuai dengan gaya klasik khas Eropa. Ketebalan pengecatan pun berbeda dengan rumah minimalis yang biasa.

Model desain dari rumah bergaya Mediterania adalah memiliki atap pelana, dinding yang terbuat dari batu marmer atau batu alam serta memiliki ukuran jendela yang lebih kecil dengan berbentuk persegi dengan sedikit lengkungan di bagian atas.Selain itu, rumah bergaya Mediterania memiliki balkon dan tangga.

Warna kadang mampu menjadi pembeda kalangan kelas untuk rumah bergaya Mediterania. Kalangan atas biasanya memilih warna-warna yang cenderung pastel sedangkan kalangan bawah memilih mengkombinasikan warna-warna lebih berani. Tapi mungkin itu hanya berlaku dulu karena sekarang semua orang lebih bebas mengekspresikan diri dengan warna saat bangun rumah. Rata-rata warna atap rumah Mediterania memilih warna terakota dengan kusen pintu yang memiliki cat indah.

                Kesan mewah tentu akan terlihat dari rumah bergaya konsep Mediterania ini namun bukan berarti tidak bisa diaplikasikan pada rumah dengan ukuran yang minimalis. Bangun rumah minimalis pun tetap bisa menggunakan konsep Mediterania yang akan membuat rumah bernuansa klasik Eropa dan terlihat fleksibel.

                Ada baiknya jika bangun rumah berkonsep Mediterania ini, Anda konsultasikan dengan jasa desain dan jasa kontraktor Jogja yang Anda pilih agar pemilihan bentuk dan material pun cocok dengan kondisi lingkungan sekitar. Mau rumah bernuansa Yunani kuno, Romawi atau bergaya ala Spanyol pun bisa mudah Anda dapatkan tapi tetap selaras dengan alam Indonesia.