Checklist Dokumen Permohonan SLF Pabrik Batam

Pengertian SLF Bangunan

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah sertifikat yang resmi diterbitkan oleh pemerintah terhadap bangunan yang telah selesai pembangunannya sesuai dengan dokumen IMB. Sertifikat ini akan diterbitkan apabila bangunan telah memenuhi persyaratan kelayakan teknis sesuai dengan fungsinya bedasarkan hasil pemeriksaan dari instansi dan jasa konsutan terkat.

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 tentang bangunan Gedung, aspek yang mengukur kelayakan sebuah gedung mencangkup:  

  1. Keselamatan

Kemampuan bangunan untuk mendukung beban muatan dan kemampuan gedung dalam mencegah dan menanggulangi bahawa kebakaran dan petir.

Keamanan sistem penghawaan, pencahayaan, sanitasi dan  penggunaan bahan bangunan gedung yang aman bagi kesehatan.

Ruang gerak dan hubungan antar ruangan, kondisi udara di ruangan, pandangan yang nyaman serta tingkat getaran dan tingkat kebisingan yang minimal.

Kemudahan hubungan ke, dari dan di dalam bangunan gedung dan kelengkapan sarana prasarana dalam pemanfaatan bangunan gedung

Apabila gedung belum memenuhi semua aspek tersebut maka gedung belum bisa dikatakan layak untuk digunakan. Pabrik yang belum memiliki SLF pabrik maka belum bisa disebut legal untuk beroperasi.

Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya memberikan sosialisasi dan mendorong para pengusaha untuk segera mengajukan permohonan SLF pabrik dan gedung. Persyaratan dan dokumen pendukungnya memang relatif mudah unutk dipenuhi. Anda dapat mengajukan permohonan SLF secara pribadi ataupun menggunakan jasa konsultasi SLF.

Pihak Pemeriksa Kelaikan Fungsi Bangunan Pabrik  

  1. Penyedia Jasa Pengawas/Manajemen Konstruksi (untuk bangunan baru), MK/Pengawas mengeluarkan laporan pengawasan knstruksi yang memastikan bahwa bangunan telah selesai dibangun dan sesuai dengan standar dan perencanaan.
  2. Penyedia Jasa Pengkaji Teknis (untuk Bangunan Gedung Eksisting)

Masa Berlaku SLF

SLF akan diterbitkan dengan masa berlaku hingga 5 (lima) tahun untuk bangunan umum pabrik. Akan tetapi sebelum masa berlaku SLF habis maka pemilih pabrik wajib mengajukan perpanjangan dokumen dengan melengkapi beberapa dokumen.

Kebutuhan Dokumen Pengajuan SLF Pabrik Baru

  1. IMB dan Rencana Teknis Bangunan
  2. As-Built Drawing
  3. Dokumen Pendukung
  4. Kontrak Kerja
  5. Laporan Pengawasan Konstruksi
  6. Rekomendasi Teknis Dari Intansi Terkait
  7. Hasil Pengujian Material
  8. Hasil Testing and Commissioning
  9. Manual Operasi dan Pemeliharaan