Apa Itu SSD Cloud Hosting? Dan Apa Keunggulannya?

Mungkin ketika anda sedang mencari-cari penyedia cloud hosting, anda menemukan penyedia hosting yang menawarkan paket SSD cloud hosting. Sebenarnya apa itu SSD cloud hosting?

SSD Cloud Hosting

Gampangnya SSD cloud hosting menggunakan server berbasis SSD, maksudnya untuk storage-nya menggunakan SSD. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive, yang merupakan teknologi baru untuk media penyimpanan hard disk.

Perbedaan SSD dengan Hard Disk tradisional

Teknologi media penyimpanan SSD menawarkan kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan arsitektur hard disk tradisional. Perbedaan utamanya, hard disk tradisional menggunakan piringan yang berputar di dalamnya, sedangkan SSD benar-benar elektronik tanpa ada komponen yang bergerak di dalamnya.

Kecepatan membaca dan menulis data di hard disk tradisional dipengaruhi oleh kecepatan putaran piringannya ini. Saat ini hard disk yang popular digunakan pada data center memiliki kecepatan putaran 7,2K, 10K, atau 15K. K mewakili jumlah ribuan dari putaran setiap menitnya, misal 7,2K berarti putarannya mencapat 7200 putaran per menit. Dan kecepatan membaca dan menulis data tergantung pada kecepatan putaran tersebut.

Sementara SSD tidak mengandalkan komponen yang bergerak untuk membaca dan menulis data. Data ditulis secara elektronik ke media penyimpanan, begitu juga pada saat data dibaca. Hasilnya SSD menawarkan kinerja yang lebih cepat.

Dan juga karena hard disk tradisional mengandalkan piringan yang berputar, sehingga kemungkinan rusaknya lebih besar. SSD menawarkan solusi yang lebih tahan lama.

Keunggulan Menggunakan SSD Cloud Hosting

Ketika anda memilih menggunakan SSD cloud hosting untuk meng-host website anda, anda akan mendapatkan beberapa keunggulan seperti:

Kinerja yang lebih cepat

Seperti yang sudah disebutkan di atas SSD menawarkan kinerja yang lebih cepat, yang akan berpengaruh pada kecepatan loading website.

Menghadirkan User Experience yang lebih baik

Jika website kita semakin cepat, tentunya pengunjung akan semakin suka dengan website kita. Karena pengunjung tidak suka menunggu lama ketika membuka suatu website.

Baik Untuk SEO

Website yang cepat lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google Search. Website yang cepat kemungkinan untuk berada pada halaman pertama hasil pencarian Google semakin tinggi.

 

JakartaWebhosting.com menyediakan layanan hosting berbasis komputasi awan yang terhubung pada banyak server, dimana pengguna tidak perlu khawatir akan kinerja server yang tidak stabil atau sumber daya yang terbatas pada layanan hosting tradisional seperti shared hosting atau dedicated server. Dan kami menyediakan tim suppor yang siap membantu selama 24/7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *