Ulasan Seputar Macam-macam, Gejala dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan atau yang disebut dengan radang tenggorokan seringkali menyerang anak-anak maupun orang dewasa terutama saat musim kemarau atau pancaroba tiba. Beberapa kasus sakit tenggorokan ini berkembang menjadi penyakit flu, namun ada juga yang hanya mengalami radang tenggorokan saja, tanpa disertai pilek dan batuk. Radang tenggorokan memang sangat menyusahkan, bukan hanya untuk makan, untuk minum saja tenggorokan terasa sakit. Jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan infeksi dan berimbas pada penyakit lainnya. Ada banyak cara mengobati radang tenggorokan, namun sebelum membahasnya, kenali dulu gejala-gejalanya:

 Gejala Radang Tenggorokan Dan Penyebabnya

  • Radang tenggorokan akibat bakteri.

Dalam kondisi radang tenggorokan seperti ini bisa dikategorikan cukup parah karena bisa merambat ke katup jantung sehingga menyebabkan demam rheumatik. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut ini maka sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut:

  • Rasa sakit saat menelan ludah, minuman maupun makanan.
  • Leher nampak bengkak.
  • Muncul bercak putih pada tenggorokan dan sekitarnya berwarna kemerah-merahan.
  • Suhu tubuh meningkat dan kadang disertai menggigil (meriang).

cara mengobati radang tenggorokan yang mengganggu

  • Radang tenggorokan akibat virus.

Bisa dibilang, ini adalah radang tenggorokan yang masih ringan. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik/antivirus dan seringkali radang tenggorokan ini berbarengan dengan gejala flu. Namun perlu diwaspadai, meski meminum antibiotik adalah salah satu cara mengobati sakit radang tenggorokan, namun jika tidak sesuai indikasi dan dosis yang tepat maka justru akan membuat virus menjadi kebal dan sulit diobati. Berikut gejala radang tenggorokan akibat virus:

  • Rasa perih, kering dan gatal pada tenggorokan.
  • Suara berubah jadi agak serak.
  • Batuk-batuk dan bersin yang cukup sering.
  • Mengalami demam ringan

Ketika radang tenggorokan menyerang Anda sebaiknya hindari beberapa makanan yang dapat memicu parahnya radang dan sakit pada tenggorokan di antaranya adalah minuman dingin/es, gorengan, makanan pedas, dan berlemak. Sebaiknya konsumsi:

 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

  1. Teh jahe untuk mengurangi lendir di tenggorokan.
  2. Teh chamomile dengan madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Daun kemangi sebagai lalapan atau dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan kemangi.
  4. Campurkan madu dan lemon atau jeruk nipis dalam segelas air hangat.
  5. Meminum jus jambu yang kaya akan vitamin C.

Cara mengobati radang tenggorokan memang sebenarnya mudah, namun bukan berarti penyakit ini disepelekan begitu saja. Radang tenggorokan masih berkaitan dengan kebersihan lingkungan, diri dan makanan. Daya tahan tubuh yang kuat juga menjadi salah satu pencegah terjadinya radang tenggorokan dan penyakit imun lainnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan diri sendiri dengan rutin mencuci tangan minimal 5 kali sehari dan mandi 2 kali sehari dengan sabun antibakteri seperti Lifebuoy.

Leave a Reply