Olahraga Tepat Untuk Kesehatan Tubuh

Kita semua tahu bahwa kita harus berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, namun banyak pula diantara kita yang percaya bahwa hanya dengan berolahraga ekstra di tempat-tempat fitnes saja tubuh kita akan menunjukkan perubahan kesehatan ke arah yang lebih baik.

Seorang profesor di bidang ilmu kesehatan Harvard Medicine School membantah anggapan itu. Bahkan menurutnya berlari dengan jarak yang jauh dapat menyebabkan masalah sistem pencernaan dan sendi. Sebaliknya, dia merekomendasikan lima jenis olahraga lainnya yang efektif untuk menurunkan berat badan, pembentukan otot, meningkatkan kesehatan jantung dan otak serta memperkuat tulang tanpa harus menginjak garis finish dalam olahraga maraton yang dipercayai banyak orang.

1. Berenang
Menurut Dr Lee, berenang adalah olahraga yang sempurna’ karena menggunakan hampir setiap otot di dalam tubuh kita.

Berenang secara teratur setidaknya selama 30 sampai 45 menit memberi tubuh kita latihan aerobik – yang dikaitkan dengan peningkatan detak jantung untuk meningkatkan kesehatan jantung kita. Selain itu, berenang juga melindungi otak dari kemunduran fungsi tubuh yang terkait dengan usia.

Ditambah lagi berenang baik untuk melenturkan sendi.

“Berenang itu baik untuk individu dengan arthritis (radang sendi) karena beban berlebih pada otot kaki,” Dr Lee menjelaskan.

Berenang secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke, menurut NHS Choices. Berenang juga dapat meningkatkan mood dan menjaga berat badan anda.

2. Tai Chi
Tai chi mengombinasikan teknik pernapasan dalam dan relaksasi dengan gerakan yang lembut.

Olahraga ini awalnya dikembangkan sebagai seni bela diri di China pada abad ke-13. Tai chi dapat dilakukan oleh hampir semua orang, tanpa batasan usia atau level fitnes karena keahlian dalam olahraga ini akan berjalan dengan sendirinya.

Tai chi khususnya sangat baik untuk orang yang lebih tua karena keseimbangan tubuh merupakan komponen kesehatan yang penting yang akan hilang seiring bertambahnya usia,” jelas Dr Lee.

Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga ini dapat membantu orang berusia 65 tahun ke atas untuk mengurangi stres, memperbaiki postur tubuh, keseimbangan dan pergerakan umum, dan meningkatkan kekuatan otot pada kaki.

Beberapa penelitian lain juga menyatakan bahwa tai chi dapat mengurangi resiko terjatuh di antara orang dewasa lanjut dan meningkatkan pergerakan di pergelangan kaki, pinggul dan lutut pada orang dengan rheumatoid arthritis.

3. Latihan Kekuatan
Jenis olahraga yang satu ini berkaitan dengan penggunaan beban (bisa berat tubuh anda sendiri atau bobot bebas seperti barbel atau dumbel dan lainnya) untuk menciptakan ketahanan terhadap tarikan gravitasi.

Para ahli mengatakan jenis latihan ini sebagai cara yang sangat baik untuk mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot tanpa lemak serta mengembangkan tulang yang kuat dan meningkatkan metabolisme untuk membantu anda membakar lebih banyak kalori.

Menurut Mayo Clinic, latihan kekuatan bisa mengurangi tanda-tanda atau gejala penyakit kronis, seperti radang sendi, sakit punggung, obesitas, penyakit jantung, depresi dan diabetes.

Pedoman nasional Inggris untuk aktivitas fisik saat ini merekomendasikan penguatan latihan untuk semua kelompok otot utama (kaki, pinggul, punggung, dada, perut, bahu, dan lengan) setidaknya dua kali seminggu.

Satu set – biasanya 8 sampai 12 pengulangan gerakan yang sama – per sesi adalah yang efektif, walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa dua sampai tiga set mungkin lebih baik. Otot anda membutuhkan setidaknya 48 jam untuk pulih di antara sesi latihan kekuatan.

4. Berjalan
Mungkin olahraga yang satu ini terdengar tidak signifikan, tapi berjalan bahkan dalam jumlah kecil secara teratur dapat memberikan keajaiban tersendiri bagi kesehatan.

Para ilmuwan mengemukakan bahwa jalan cepat selama 20 menit setiap hari dapat menambah usia hidup anda.

Studi baru-baru ini menemukan bahwa orang dewasa yang berjalan selama 30 menit dalam empat hari selama seminggu menunjukkan perbaikan koneksi di wilayah otak yang terkait dengan kehilangan memori. Berjalan juga telah terbukti memperbaiki depresi. Sumber: carasehathidup.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *