FAKTA DAN MITOS KACAMATA

FAKTA DAN MITOS KACAMATA – Penggunaan kacamata karena kelainan penglihatan akut (kurang / silinder / lebih) kini meluas. Kacamata digunakan tidak hanya untuk orang dewasa yang menggunakannya, tapi juga pada anak-anak di usia sangat dini, terutama di era teknologi gadget saat ini.

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan yang tajam, memakai kacamata mungkin bisa menjadi solusi. Namun, sebelum Anda memakai kacamata, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta dan mitos tentang koreksi kacamata.

Apakah penggunaan kacamata terus akan menambah minus?
Mitos ini tidak benar. Kacamata adalah alat untuk koreksi anomali visual yang jelas (kurang, silinder, lebih), jika tidak digunakan oleh orang dengan miopia, penglihatan jarak jauh akan menjadi buram. Kenaikan gangguan ukuran kacamata disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor pewarisan dan lingkungan, dan tidak terpengaruh oleh penggunaan kacamata.

Apakah membaca sambil tidur menambahkan rambuh jauh?
Pembacaan harus dilakukan dalam 30-40 cm agar mata tidak cepat lelah. Membaca saat tidur cenderung menutup benda ke mata sehingga mata bekerja lebih keras untuk fokus dan dengan demikian ban lebih cepat. Ini dalam jangka panjang bisa menyebabkan peningkatan miopia, tentunya dengan kombinasi faktor lainnya.

Apakah minum jus wortel akan mengurangi miopia?
Wortel mengandung karoten dan vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Namun, wortel atau jus buah lainnya tidak akan bisa mengurangi kurang / lebih deformitas / silinder yang dihasilkan.

Maukah Anda melihat pemandangan hijau atau samudera menghilangkan miopia?
Bagi yang sering membaca atau bekerja di depan komputer, disarankan untuk meluangkan waktu lama setiap 1-2 jam untuk mengendurkan otot mata. Saat melihat hijau, kelautan atau benda lainnya, hal ini bertujuan untuk merelaksasi otot mata agar tidak terjadi kelelahan mata dan tidak menghilangkan miopia.

Apakah kerusakan misopatik atau negatif akan sembuh?
Sejauh ini, tidak ada obat untuk miopia. Kelainan-kelainan kurang atau silinder dapat dieliminasi dengan melakukan prosedur medis seperti keratotomi kornea radial atau operasi laser keratomileusis (dibantu LASIK) dengan teknologi canggih. Tindakan ini biasanya dilakukan setelah perkembangan bola mata berhenti atau perkembangan miopia mulai stabil sekitar usia 18 tahun atau lebih. Saat ini sangat banyak sekali toko – toko kacamata yang menjual berbagai kacamata dengan berbagai frame kacamata yang sangat elegan.

Apakah uraian di atas membantu Anda dalam memahami penggunaan kacamata? Diharapkan, semoga ini bisa memberi Anda pengetahuan tambahan untuk lebih memahami fakta dan mitos kacamata. Jika Anda membutuhkan lebih banyak informasi. Anda harus menghubungi dokter mata.

Leave a Reply