Cara Membuat Gelembung Sabun Berwarna

Sabun Gove

Cara Membuat Gelembung Sabun Berwarna

Gelembung sabun bisa diwarnai dengan larutan indikator pH. Gelembung akan berubah warna di udara.

Apakah Anda salah satu dari anak-anak yang mencoba menambahkan pewarna makanan ke solusi gelembung biasa untuk membuat gelembung berwarna? Pewarna makanan tidak akan memberi Anda gelembung terang, dan bahkan jika memang benar, warnanya akan menimbulkan noda. Inilah resep untuk gelembung berwarna pink atau biru, berdasarkan pada tinta yang hilang, sehingga gelembung tidak akan menodai permukaan saat mereka mendarat.

DI SINI CARA
Jika Anda membuat solusi gelembung Anda sendiri, campurkan deterjen dan air.
Tambahkan natrium hidroksida dan indikator ke larutan gelembung. Anda ingin indikator cukup sehingga gelembung akan sangat berwarna. Untuk setiap liter larutan gelembung (4 cangkir), ini adalah sekitar 1-1 / 2 sampai 2 sendok teh fenolftalein (merah) atau timolulfin (biru).
Tambahkan sodium hidroksida sampai Anda mendapatkan indikator berubah dari warna menjadi tidak berwarna (sekitar setengah sendok teh harus melakukan triknya). Sedikit lebih sodium hidroksida akan menghasilkan gelembung yang tetap berwarna lebih lama. Jika Anda menambahkan terlalu banyak, warna gelembung tidak akan hilang saat terkena udara atau digosok, meski Anda tetap bisa bereaksi dengan soda klub.
Anda mungkin merasa perlu untuk membubarkan indikator dalam sejumlah kecil alkohol sebelum mencampurnya dengan larutan gelembung. Anda bisa menggunakan larutan indikator pra-dibuat, tambahkan sodium hidroksida ke indikator daripada diencerkan dengan air.
Anda pada dasarnya membuat gelembung tinta menghilang. Bila gelembung itu mendarat, Anda bisa membuat warna lenyap dengan cara menggosoknya saja (bereaksi dengan cairan dengan udara) atau dengan menambahkan soda klub kecil. Menyenangkan!
Jika Anda telah kehilangan tinta, Anda bisa mencampurnya dengan larutan gelembung untuk membuat gelembung tinta yang hilang.

TIPS
Tolong jangan minum solusi gelembung! Larutan gelembung yang tidak terpakai dapat disimpan untuk kemudian dimasukkan ke dalam wadah tertutup atau dilepaskan dengan mengalirkannya ke saluran pembuangan.
Ini adalah gelembung yang ditujukan untuk ‘meniup gelembung’, bukan untuk mandi.
Sodium hidroksida adalah basa kuat. Hindari kontak langsung dengan bahan ini. Jika Anda mendapatkan beberapa di tangan Anda, bilas mereka segera dengan air.

Phenolphthalein dan timololftalein berubah dari merah atau biru menjadi tidak berwarna sekitar pH = 10. Jika Anda melihat pada grafik indikator, Anda dapat melihat ada beberapa indikator yang kurang umum yang akan berubah warna daripada hilang pada pH ini.

Sabun Herbal

Leave a Reply