Beberapa Penyebab Puting Payudara Sakit

Puting payudara sakit umum dihadapi seseorang ibu yang tengah menyusui pada satu minggu awal pemberian air susu ibu (ASI). Sedikit nyeri sepanjang sebagian detik umumnya normal, tetapi apabila rasa sakit yang keluar bertahan lama, bahkan juga nyaris sepanjang periode menyusui, jadi butuh memperiksakan-diri ke dokter. Menjadi seorang ibu memanglah bukan hal yang mudah seperti mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir setelah itu anda harus menyusui bayi anda dengan benar karena jika salah hal ini dapat mengakibatkan bayi anda tersedak.

Bukan sekedar aspek menyusui, beragam aspek beda dapat jadi penyebabnya munculnya rasa sakit atau tidak nyaman pada puting payudara.

Pada umumnya, tersebut disini sebagian penyebabnya puting payudara sakit.

Beberapa Penyebab Puting Payudara Sakit

 

Problem waktu menyusui

Beragam problem yang muncul saat menyusui bisa mengakibatkan rasa sakit pada puting payudara, umpamanya waktu bayi tidak bisa menyusu dengan baik. Puting Ibu mungkin saja sangat jauh dari mulut bayi, hingga dia mesti menarik puting kedalam mulutnya, lalu menjepitnya dengan langit-langit mulut yang keras yang pada akhirnya menyakiti puting Ibu. Apabila hal semacam ini berlangsung, janganlah menarik keluar puting dengan paksa. Masukan jari Ibu ke mulut bayi serta perlahan tarik puting Ibu. Kemudian, ulangilah sistem menyusui dengan baik serta benar.

Problem yang lain yaitu saat bayi mulai berkembang gigi serta merubah style membuatya. Hal semacam ini karna bayi belum juga terasa nyaman dengan giginya hingga relatif menggigit puting payudara Ibu. Anda dapat hindari tergigitnya puting dengan meyakinkan mulut bayi terbuka lebar waktu menyusu.

Puting yang sakit adalah problem umum untuk ibu menyusui. Bila rasa sakit tidak hilang dalam dua minggu, tanyakan pada dokter

Mastitis

Apabila aliran susu tidak jalan lancar sepanjang Ibu menyusui, saluran susu bisa alami peradangan atau dimaksud mastitis. Tandanya meliputi munculnya kemerahan di bagian payudara yang merasa sakit atau bengkak. Tanda seperti flu dapat juga mengikuti.

Umumnya tidak membutuhkan antibiotik apabila perlakuan sendiri bisa memperingan mastitis. Perlakuan sendiri dapat dikerjakan dengan mengecek apakah bayi menyusu dengan baik, usahakan untuk menyusui bayi dengan seringkali, susui bayi pada payudara yang sakit terlebih dulu, peras payudara memakai tangan apabila payudara masih tetap merasa penuh sesudah menyusui, kompres payudara dengan air hangat atau mandi dengan air hangat sebelumnya menyusui, dan beristirahatlah dengan cukup. Bila rasa nyeri tidak hilang kurun waktu 1-2 hari, periksakanlah ke dokter untuk memperoleh perlakuan selanjutnya.

Abses payudara

Terjadinya nanah dalam payudara atau dimaksud abses payudara dapat juga menyebabkan rasa nyeri. Hal semacam ini dapat dikarenakan oleh bakteri yang masuk ke jaringan payudara, atau dikarenakan oleh saluran susu yang terhalang. Abses sering terkait dengan mastitis, atau dapat pula dikarenakan tindik di puting payudara. Tandanya meliputi bengkak, kemerahan, serta merasa panas di dekat puting payudara. Nanah didalam payudara butuh di keluarkan. Oleh karenanya, apabila Anda mempunyai abses pada payudara, periksakanlah ke dokter.

Kandidiasis

Sariawan pada puting payudara atau kandidiasis bisa mengakibatkan rasa nyeri pada puting. Tandanya diantaranya kemunculan rasa nyeri, perih pada satu diantara atau ke-2 payudara, rasa nyeri yang bertahan sampai sejam sesudah menyusui, dan puting payudara merekah, bersisik, atau merasa perih.

Tanda kandidiasis dapat merasa sesudah sebagian minggu menyusui. Tetapi, dapat pula tidak merasa tanda infeksi pada payudara Ibu. Tanda sariawan, seperti bercak putih, dapatlah diketemukan pada mulut bayi. Apabila telah begini, baik ibu ataupun bayi membutuhkan penyembuhan dengan cream atau gel antijamur atau obat yang diminum.

Perubahan hormon

Puting payudara merasa sakit atau tidak nyaman adalah hal umum yang dihadapi wanita dalam siklus bulanan, umumnya waktu pramenstruasi. Hal semacam ini dipicu oleh perubahan kandungan hormon estrogen serta progesteron. Tidaklah perlu cemas karna umumnya ini adalah keadaan normal. Tetapi, apabila rasa sakit jadi berkelanjutan, periksakanlah ke dokter.

Terkecuali siklus menstruasi, perubahan hormon dapat juga berlangsung pada ibu hamil yang jadikan payudara merasa lebih penuh serta berat dan sakit. Diluar itu, areola atau lingkaran dekat puting jadi melebar serta berwarna lebih gelap. Ibu hamil alami keadaan ini saat umur kehamilan 6-8 minggu. Untuk meminimalisir desakan serta rasa tidak nyaman pada payudara, pakai bra yang nyaman dengan ukuran yang pas. Pastikan bra memiliki bahan katun. Ibu hamil dapat juga memakai bra spesial untuk tidur waktu malam hari.

Alergi

Puting payudara adalah ruang yang paling peka serta bisa bereaksi pada perubahan lingkungan di sekelilingnya, umpamanya karena pemakaian sabun, losion, detergen untuk membersihkan, bahan baju spesifik seperti wool, atau cuaca panas ataupun dingin. Tanda alergi atau peka pada payudara, diantaranya kemunculan rasa gatal, berwarna kemerahan, atau merekah.

Gesekan

Waktu Anda melakukan aktivitas seperti olahraga, puting payudara bisa bergesekan dengan baju serta membuatnya merasa sakit. Oleh karenanya, pakai bra yang pas, umpamanya bra spesial untuk olahraga. Diluar itu, apabila kulit payudara telah terlanjur iritasi, pakai cream spesial untuk puting serta payudara sebelumnya kenakan pakaian.

Terkecuali kesibukan olahraga, gesekan pada payudara dapat juga dikarenakan oleh kesibukan seksual, umpamanya meraba payudara dengan kasar. Umumnya rasa sakit ini berbentuk sesaat.

Apabila Anda seseorang ibu yang tengah menyusui, puting payudara yang sakit akan tidak beresiko pada bayi dengan segera. Tetapi, apabila bayi tidak menyusu dengan baik serta benar, dia juga akan berhenti menyusu sebelumnya memperoleh cukup ASI. Jadi mengakibatkan bayi bisa mempunyai berat tubuh yang rendah. Jalan paling baik untuk mengatasi keadaan ini yaitu melakukan perbaikan tempat menyusui. Ibu yang tengah menyusui butuh ketahui serta pelajari tehnik menyusui yang baik serta benar supaya bayi juga terasa nyaman.

Leave a Reply