Dua Ribu Peserta Mudik Gratis

Berita Kediri

Dua Ribu Peserta Mudik Gratis. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur secara resmi memberangkatkan mudik bareng gratis dengan sebanyak 55 unit bus dengan Berita Kediri tujuan 17 kabupaten/kota di Jatim, Jateng, Yogyakarta dan Jabar. Acara dilepas oleh Sekretaris Daerah Prov Jatim H Akhmad Sukardi dari Halaman Ruko Mangga Dua, Jl Jagir Wonokromo Surabaya, Senin (13/7). Sukardi menuturkan, mudik gratis merupakan salah satu kepedulian Pemprov Jatim dalam memberikan angkutan masal  menghadapi Hari Raya Idul Fitri. ”Kegiatan ini Berita Kediri berlangsung setiap tahun, salah satu tujuannya adalah memberikan masyarakat keringanan transportasi agar bisa berlebaran di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi menjelaskan, telah mempersiapkan program angkutan mudik gratis penumpang dan sepeda motor dalam mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2015 di Jawa Timur. Pemprov Jatim juga siap memberangkatkan 156.898 penumpang pada Berita Kediri angkutan Lebaran tahun ini dengan menggunakan angkutan darat, laut, dan kereta api. Wahid memaparkan, untuk mudik gratis dengan angkutan darat telah disiapkan 470 unit bus  dari Pemrov Jawa Timur, 24 unit bus dari Pemkab/Kota Jawa Timur, dan 117 unit bus dari swasta. Total kuota jumlah penumpang mudik gratis yang akan diangkut dengan bus adalah 59.755 penumpang.

Pemprov Jatim juga menyediakan delapan unit truk untuk angkutan mudik gratis sepeda motor. Jumlah kuota yang disediakan adalah 400 unit Berita Kediri sepeda motor untuk jurusan Jember, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Madiun. Sedangkan untuk mudik gratis dengan angkutan laut, Pemprov Jatim telah menyiapkan dua unit kapal TNI AL dan satu unit kapal swasta yang akan mengangkut penumpang dan sepeda motor di Kepulauan Madura, khususnya pada rute angkutan kapal perintis.

Rute yang akan dilayani adalah Tanjung Perak-Masalembo (PP), Kalianget-Kangean (PP), dan Tanjung Wangi-Sapeken (PP). Total kuota jumlah penumpang mudik gratis yang akan diangkut dengan kapal laut adalah 7.200 penumpang. Wahid mengakui, Berita Kediri kemampuan Pemprov masih sebatas mencarikan kapal perintis yang biasa untuk mengangkut barang dan sapi bagi warga kepulauan.  “Kapal perintis ini sudah dimodifikasi untuk penumpang.Jangan khawatir soal keselamatan. Sebab sebelum kapal berangkat harus ada izin dari kesyahbandaran sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap keselamatan Berita Kediri penumpang,” jelas Wahid. Untuk mudik gratis dengan angkutan kereta api, sebanyak 14 rangkaian telah disiapkan Pemprov untuk mengangkut 89.943 penumpang dengan jurusan Surabaya-Madiun, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Malang-Blitar.

 

 

 

 

Leave a Reply