4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Tempat Jual Sapi Qurban

Ketika berencana berqurban maka sudah tentu akan mulai mempertimbangkan tempat jual sapi qurban mana yang hendak didatangi. Penjual sapi qurban mendekati hari lebaran haji memang akan meningkat meskipun tidak sebanyak penjual kambing. Setiap penjual menawarkan kelebihan tersendiri untuk memudahkan pembeli menentukan sapi terbaiknya dalam berqurban. Sebagian besar penjual sapi qurban bahkan sudah memilih bibit unggul jauh hari sebelumnya supaya menyediakan sapi qurban dengan mutu terbaik. namun, benarkah semua penjual sapi qurban melakukan persiapan seperti ini?

 

Memilih Penjual Sapi Qurban Terbaik

 

Ternyata tidak semua penjual sapi qurban akan menyediakan layanan terbaik dalam menjual sapi qurban, maka Anda dituntut untuk berhati-hati. Dalam memilih penjual sapi qurban ada beberapa hal penting perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

 

  • Memilih penjual sapi qurban berpengalaman,

Meskipun penjualan sapi qurban bisa menjadi bisnis musiman akan tetapi pelakunya dijamin itu-itu saja. Meskipun ada beberapa penjual baru, akan lebih aman jika memilih penjual yang sudah berpengalaman. Terlebih jika memang memiliki tempat jual sapi ternak baik diluar Idul Adha sehingga memastikan paham kriteria sapi qurban terbaik seperti apa.

 

  • Menyediakan pilihan sapi qurban lebih banyak,

Meneliti apakah penjual sapi qurban bisa dipercaya atau tidak terkadang memang sangatlah sulit untuk dibedakan. Maka cara termudah untuk mengetahui sudah berkunjung ke lokasi penjual sapi qurban terbaik adalah melihat jumlah sapi jualannya. Semakin banyak sapi yang dijual semakin tepat dijadikan pilihan mencari sapi qurban terbaik. Pasalnya dengan pilihan lebih banyak maka semakin mudah menemukan sapi terbaik untuk dijadikan qurban. Anda tentu bisa meminimalkan resiko salah memilih sapi setelah melihat sendiri sapi lain sebagai pembanding.

 

  • Merawat sapi qurban jualannya dengan baik,

Jangan hanya melihat pilihan sapi qurban yang dijual oleh penjual yang dikunjungi melainkan juga melihat bagaimana penjual memperlakukan sapi jualannya. Sapi qurban hendaknya diurus dengan baik salah satunya diberi makan sehat dan benar sekaligus diperhatikan kebersihannya. Sebab tidak diperbolehkan mengurbankan sapi yang kotor sehingga perlu memastikan pihak penjual merawat sapi-sapinya dengan baik. Ketika kebersihan kandang dijaga dan sapinya ikut bersih dijamin memberi kenyamanan untuk menentukan sapi terbaik sebagai qurban.

 

  • Memberikan patokan harga yang lazim,

Penjual sapi qurban yang baik tentu tidak akan mematok harga terlalu tinggi, meskipun menjelang Idul Adha kenaikan harga hewan qurban tidak dapat dihindari. Setidaknya tidak akan menjual lebih mahal ketimbang penjual sapi qurban lainnya. maka perlu sekali melakukan survei dan mengunjungi beberapa penjual untuk memperoleh harga terbaik. Meskipun budget berqurban sudah disiapkan namun jika memperoleh sapi terbaik dengan harga lebih murah, apakah Anda akan menolak? Dijamin tidak, maka jangan hanya mengunjungi satu penjual sapi qurban saja.

Leave a Reply